Konsep Dosa Berdasarkan Pandangan Kitab Suci Agama Kristen Dan Islam
Keywords:
Dosa, Dampak Dosa, Perbedaan Dosa, Kristen, Islam., Dosa, Dampak Dosa, Perbedaan Dosa, Kristen, IslamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan arti dosa menurut pandangan agama Kristen dengan agama Islam. Dosa adalah tindakan yang dilakukan oleh setiap manusia yang bersifat melanggar perintah Allah. Dosa yang dilakukan manusia merupakan dosa yang timbulo karena kelalaian manusia itu sendiri karena manusia lebih menuruti kehendak bebasnya dibandingkan taat pada apa yang diperintah oleh Sang Pencipta. Ketidaktaatan manusia membiuat dirinya menderita dan mendapat hukuman dan bahkan mengalami penderitaan yang setimpal dengan pelanggarannya. Akan tetapi, ketika manusia menerima hukuman dari pelanggarannya maka Allah masih memberikan kesempatan kepada manusia untuk berubah dan meminta pengampunan dari pelanggaran dan hukuman yang sedang ia terima. Dalam artikel ini, penulis menggunakan metode studi literatur sehingga dengan metode ini penulis dapat menyelesaikan masalah yang sedang dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah memberikan gambaran kepada para pembaca bahwa dosa dalam agama Islam dan Kristen sama-sama perbuatan dan tindakan yang tidak sesuai dengan perintah Allah yang dituliskan dalam kitab Suci. Jadi, dosa dalam pandangan agama Islam dan Kristen adalah bukan tindakan yang sesuai dengan hukum Allah, namun setiap manusia harus menyadari bahwa Allah tidak akan membiarkan manusia ciptaan-Nya hidup dalam keberdosaan.
References
Boice, James Montgomery. Dasar-Dasar Iman Kristen. Edited by Momentum. Surabaya, 2011.
Doglas, J. D. Ensiklopedia Alkitab Masa Kini Jilid 1 A-L. Edited by Yayasan Komunikasi Bina Kasih. Jakarta, 1992.
Ezra, Jakoep. “Konsep Dosa Dan Dosa Keturunan Dalam Alkitab.” Pembaharu 6 (2020): 1–12.
Farrugia, Gerald O‟ Collins dan Edward G. Kamus Teologi Dalam Ignatius. Edited by Kanisius. Yogyakarta, 1996.
Fredy Simanjuntak, Ardianto Lahagu, Yasanto Lase, Aprilina Priscilla. “Konsep Dosa Menurut Pandangan Paulus.” Real Ddache 3 (2018): 17–28.
Imam Ghazali. Taubat Dan Liku-Likunya, Terjemahan Syed Ahmad Semait. Edited by Pustaka Islamiyah PTE LTD Singapura. Singapura, 2000.
Liem, Koko. Membuka Pintu Taubat. Edited by Raih Asa Sukses Penebar Swadaya Grup. Bogor, 2011.
Lubis, Ramadan. “Dosa Dan Dimensi Psikologis Yang Terkandung Di Dalamnya.” Biolokus 1 (2018): 1–8.
Manafe, Yanjumseby Yeverson. “Keberdosaan Manusia Menurut Alkitab.” Scripta 8 (2019): 111–131.
Margiono. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti 2 Lentera Kehidupan SMA Kelas XI/ Margiono. Edited by Yudhistira. Jakarta, 2017.
Millard, Erikson J. Teologi Kristen Cetak 2. Edited by Gandum Mas. Malang, 2003.
Nafilah. Dosa-Dosa Besar. Banten, 2020.
Pardomuan Marbun. “Konsep Dosa Dalam Perjanjian Lama Dan Hubungannya Dengan Konsep Perjanjian.” CARAKA 1 (2020): 1–16.
Rahmat Yulianto, Siti Tazaka. “Dosa Dalam Islam Dan Katolik.” Al-Hikmah: Studi Agama-Agama 2 (2016): 1–13.
Riswan, Fasmani Ndruru. “Argumentasi Teologis Tentang Dampak Dosa Terhadap Pikiran.” Phronesis 5 (2022): 152–165.
Saiful Mustofa. “Meneguhkan Islam Nusantara Untuk Islam Berkemajuan: Melacak Akar Epistemologis Dan Historis Islam (Di) Nusantara.” Episteme 10 (2015): 405–434.
SCD, Kirchberger. Pandangan Kristen Tentang Dunia Manusia. Edited by PT. Nusa Indah. NTT, 1986.
Shihab, Quraish. Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan Dan Keselarasan Al-Qur’an, Surat AlMaidah. Edited by Lentera Hati. Jakarta Pusat, 2001.
Tarpin. “Pandangan Kristen Tentang Dosa: Asal Muasal Dan Cara Menebusnya.” Ushuluddin 16 (2010): 221–233.
Thiessen, Henry C. Teologi Sistematika Direvisi Oleh Vernon D. Doerksen. Edited by Gandum Mas. Malang, 1992.
William Dyrness. Tema-Tema Dalam Teologi Perjanjian Lama. Edited by Gandum Mas. Malang, 2013.
Zulfikar Ghazali. “Mendarah Dagingkan Al-Qur’an.” Cross-Border 1 (2018): 95–110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DOREA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.