Mengembangkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Berbasis Pembelajaran Abad XXI

Authors

  • Stevanus Parinussa STT Tabernakel Indonesia Surabaya
  • Ester Widiyaningtyas STT Excelsius Surabaya

Keywords:

21st-century learning; teacher competence; teacher of Christian religion; guru pendidikan Agama Kristen; kompetensi guru; pembelajaran abad XXI

Abstract

Improving the quality of education cannot be separated from the development of competencies carried out by every individual educator, especially Christian Religion Education teachers, in increasing their abilities according to the demands of times. The demands of the times related to education, namely 21st-century learning, whose content requirements are the ability to think critically, creatively, and innovatively, master technology, information, and media, including problem-solving skills, and communicate and collaborate well. This study used a descriptive qualitative method with a questionnaire as a data collection tool related to the understanding and application of the 21st-century learning competencies of Christian Religion Education teachers who are members of the Subject Teacher Conference (MGMP). Qualitative methods provide a clear picture of the existing problems so that an objective conclusion can be drawn. The results of this study consisted of two parts, namely: First, related to the ability to understand and knowledge of the 21st-century learning concepts, showing that Christian Religion Education teachers significantly understood the concept of learning 21st values 100% with several competencies in it. Second, the application of 21st-century learning competencies shows a good value of 75%-100% of the learning model implemented in teaching and learning activities.

 

Abstrak

Peningkatan kualitas pendidikan tidak lepas dari pengembangan kompetensi yang dilakukan oleh setiap insan pendidik, terutama guru Pendidikan Agama Kristen dalam meningkatkan kemam-puan sesuai tuntutan zaman. Tuntutan zaman terkait pendidikan yaitu pembelajaran abad XXI yang syarat muatannya dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif, menguasai teknologi, informasi dan media, termasuk kemampuan pemecahan masalah, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan dukungan kuesioner sebagai alat pengumpulan data terkait pemahaman dan penerapan kompetensi pembelajaran abad XXI dari para guru Pendidikan Agama Kristen. Responden merupakan guru Pendidikan Agama Kristen yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Metode kualitatif digunakan untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap permasalahan yang ada, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan yang obyektif. Hasil penelitian ini terdiri dari dua bagian, yaitu: Pertama, terkait dengan kemampuan pemahaman dan pengetahuan konsep pembelajaran abad XXI, menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen secara signifikan memahami konsep pembelajaran abab 21 sebesar 100% dengan beberapa kompetensi di dalamnya. Kedua, penerapan kompetensi pembelajaran abad XXI menunjukkan nilai baik sebesar 75%-100% dari model pembelajaran yang dilaksanakan dalam kegiatan belajar mengajar.       

References

Admadji, Tri dan Priyatni, Endah Tri. Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif Di Perguruan Tinggi, Materi Diklat PEKERTI. Malang: Universitas Negeri Malang, 2016.

Astini, Ni Komang Suni. Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial, Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya ke -1, Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0, Volume 1, No.2-13 Juli, 2019; http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya.pdf.

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, dari Plato sampai IG. Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Bolt, John. The Christian Story and the Christian School. Grand Rapids, Michigan: Christian School International, 1993.

Brigitta Putri Atika Tyagita, Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah, Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Volume: 5, No. 2, Juli-Desember 2018,; file:///C:/Users/Dell/Downloads/938-Article%20Text-7091-1-10-20181227.pdf.

Depdiknas. UU Sistem Pendidikan Nasional Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas, Pustaka Merah Putih, 2007.

Didik, Guru Abad 21. https://areknerut.wordpress.com/2012/12.

E, Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Graendorf, Werner C. Introduction to Biblical Education. Chicago: Moody Press, 1981.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara, 2003.

Homrighausen, E.G. & Enklaar, I.H. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2007.

Homrighausen, E.G. & Enklaar, I.H. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Iskandar. Literasi Informasi: Perpektif Pustakawan, Journal Unhas, JUPITER Volume XV No.1, 2016; https://journal.unhas.ac.id>article>pdf.

Kemendikbud. Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik, Buku Panduan Penguat Proses Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP, 2013.

Kepmendiknas No. 232/U/2000 & Kepmendiknas No/045.U/2002 tentang Kurikulum Nasional, Jakarta: Depdiknas. UU No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kim, Sharon, Raza, Mahjabeen, Seidman, Edward. Improving 21st-Century Teaching Skills: The Key to Effective 21st-Century Learners. Research in Comparative and International Education, SAGE Journals. https://journals.sagepub.com/doi/full/.

Klenel, Paul A, E, Gibbs Ollie and E, Belly Sharon. Editors: Philosophy of Christian School Education. Colorado: ACSI Publisher, 1982.

Lebar, Lois E. Education That Is Christian. Malang: Gandum Mas, 2006.

Maehr, M. & Meyer, H. Understanding Motivation and Schooling: Where we’ve been, where we are, and where we need to go. Education Psychology.

Mahanal, Susriyati. Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21, Artikel September 2014; https://www.researchgate.net/publication/319746366.

Miliken, J. Thematic Reflections on Higher Education: Postmodernism. Journal Higher Education in , 29(1), 2004. Higher Education in Europe, Vol. XXIX, No. 1, April 2004, 37–41,; https://www.ucy.ac.cy/ctl/wp-content/uploads/sites/127/2022/10/PostmodernismANDProfessionalism.pdf.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Nazir, M. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1993.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal info Media, 2007.

Pandey, P. & Pandey, M. M. (2015). Research methodology: Tools and techniques. Buzau (Romania): Bridge Center dalam Siti Fatiya Rosyidah, dkk, Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan MI/SD, Vol. 2 N0.2 Agustus 2022,; https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/dawuhguru/article/view/400/263.

Partnership for 21st Century Skills (P21), 21st Century Student Outcomes. Framework, 1-9. 2015. Retrieved from http://www.p21.org/documents/P21_Framework Definitions.pdf.

Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Bandung: BPK Gunung Mulia, 2012.

Peterson, Gilbert A. “The Christian Teacher” in Introduction to Biblical Christian Education, ed. Werner C. Graendorf. Chicago: Moody Press, 1981.

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Pembelajaran Abad 21: Rumah Belajar, belajar untuk semua, Kementerian Pendidikian dan Kebudayaan. https://file.bpmtv.kemdikbud.go.id/bahan ajar fasilitasi/etc/modul pembelajaran abad 21.pdf.

Redhana, I Wayan. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 13, No 1 (2019); https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824/8934.

Robert W. Pazmino. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Sahin, M. C. Instructional design principles for 21st century learning skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences Journal, Vol. 1(1), 2009. 1464–1468.; https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1877042809002614?token=3353D287169555995B2FE1569EB7097B0F4CBDF8F8CCF079B8DE81864EC7A49032C1860709812FBDC758ADB5FD871385&originRegion=eu-west-1&originCreation=20221226045834.

Saripudin, Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Dengan Menggunakan Teknologi Web 2.0 , Jurnal TEKNODIK Vol. 19 - Nomor 1, April 2015; https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/141/140.

Sri Utami, Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia Melalui Peningkatan Kualitas Personal, Profesional, Dan Strategi Rekrutmen Guru, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2, No.1, 2019,; file:///C:/Users/Dell/Downloads/5655-13326-2-PB.pdf.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2006.

Supriyadi. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Jaya Ilmu, 2014.

Syahputra, Edi. Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya Di Indonesia, Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (e-journal), Volume 1 November 2018; https://www.researchgate.net/profile/Edi-Syahputra/publication pembelajaran abad 21 dan penerapannya di indonesia.pdf.

Syahroni, Mashud, dkk. Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh, International Journal Of Community Service Learning. Volume 4 Nomor 3 2020, pp 170-178,; DOI:http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847.

Tung, Khoe Yao. Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2013.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Wahidin, Unang. Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, Vol 7, No. 02, 2018; https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/ei/article/view/284.pdf.

Zubaidah, Siti. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran, Desember2016;https://www.researchgate.net/publication/318013627_Keterampilan_Abad_Ke21_Keterampilan_Yang_Diajarkan_Melalui_Pembelajaran/link/5954c8450f7e9b2da1b3a42b/download.

Downloads

Published

31-12-2023

Issue

Section

Articles